Perjuangan Reaction 13

Assalamualaikum wr wb

Ketika terjadi Perang Tabuk (peperangan terakhir Rasulullah SAW), sahabat rasul berlomba-lomba  berinfaq untuk perbekalan perang. Seperti Usman bin Affan , Umar bin Khattab dan Abu Bakar.

Usman bin Affan memberikan harta yang mampu mencukupi sepertiga kebutuhan berperang pasukan Islam (300 ekor unta terbaik disertai perlengkapannya dan uang 1000 dinar). Begitu pula dengan Umar bin Khattab r.a. yang membawa harta yang sangat banyak. Kepada sahabat-sahabatnya tersebut, Rasul bertanya, “Seberapa banyak yang telah kamu tinggalkan untuk keluargamu?” Sahabat menjawab, “Saya telah tinggalkan setengahnya.” Kemudian Abu bakar dengan membawa infaqnya. Kemudian Rasulullah SAW bertanya kepada Abu Bakar, “Apakah yang kamu tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar?” Abu Bakar menjawab, “ Saya meninggalkan untuk mereka sesuatu yang sangat berharga dan sangat besar yakni Allah dan Rasul-Nya”. Hal ini berarti Abu Bakar memberikan seluruh hartanya, sebesar kurang lebih 4000 dirham. Mendengar hal itu Umar bin Khattab berkata, “Tidaklah kami berlomba-lomba dalam membuat kebaikan, melainkan Abu Bakar pasti mendahuluiku”.

Dari cerita diatas, secara jumlah (kuantitas), Infaq Abu Bakar kalah dengan Usman namun secara prosentase (kualitas) Abu Bakar mengalahkan semua infaq sahabatnya. Begitulah akhlak nabi dan para sahabatnya yang saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

Sebagai seorang muslim yang ingin meneladani perilaku nabi, kami juga selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Berlomba-lomba dalam memajukan rohis yang kami cintai, salah satunya dengan ikut beberapa mata lomba dan Alhamdulillah kami jadi juaranya. Beberapa penghargaan yang kita raih dalam berbagai lomba diantaranya:

  


                             Juara 3 Lomba Blogging di SMAN 2 Bekasi 
                                               tahun 2015





                                 Juara 1 Lomba Hijab di SMAN 9 Bekasi 
                                               tahun 2016






                                  Juara 1 Lomba LCTAI di MAN 2 Bekasi
                                                tahun 2016



Bukanlah kesombongan dan riya yang ingin kami tunjukkan tetapi ini adalah perjuangan dan rasa syukur kami selama 2 tahun ini dan memberikan inspirasi buat yang lain untuk senantiasa berlomba dalam kebaikan. Semoga kedepannya kami bisa mengembangkan islam melalui karya terbaik kami.

Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu”. (Q.S. al-Baqarah [2]: 148)


Wassalamualaikum wr wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »