Siapa dr. Zakir Naik Sebenarnya???


Belakangan ini nama Zakir Naik menjadi perbincangan hangat dikalangan umat muslim Indonesia, mengapa? Pasalnya beliau tengah melakukan safari ke beberapa daerah di Indonesia untuk melakukan syiar islam. Beliau adalah seorang alim ulama internasional yang memang focus membahas perbandingan agama, dan telah berhasil mengislamkan ribuan orang di seluruh dunia melalui dakwahnya.

Bagi para pemirsa youtube tentu sudah tak asing lagi bagi sosok beliau. Banyak ceramah-ceramah beliau yang dijadikan referensi untuk mengetahui ajaran islam bagi orang-orang islam maupun orang non-islam yang ingin melakukan perbandingan antara islam dengan agama yang tengah dianutnya.

Berikut profil singkat Ulama kenamaan ini yang berhasil penulis rangkum dari berbagai sumber.

Zakir Naik lahir pada tanggal 18 Oktober 1965 di Mumbai (Bombay pada waktu itu), India dan merupakan keturunan Konkani. Ia bersekolah di St. Peter's High School (ICSE) di kota Mumbai. Kemudian bergabung dengan Kishinchand Chellaram College dan mempelajari kesehatan di Topiwala National Medical College and Nair Hospital di Mumbai. Ia kemudian menerima gelar MBBS-nya di University of Mumbai. Tahun 1991 ia berhenti bekerja sebagai dokter medis dan beralih di bidang dakwah atau proselitisme Islam.

Naik mengatakan ia terinspirasi oleh Ahmed Deedat yang telah aktif di bidang dakwah selama lebih dari 40 tahun. Menurut Naik, tujuannya adalah "berkonsentrasi pada remaja Muslim berpendidikan yang mulai meragukan agamanya sendiri dan merasa agamanya telah kuno" dan adalah tugas setiap Muslim untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang Islam untuk melawan apa yang ia anggap sebagai bias anti-Islam oleh media Barat setelah serangan 11 September 2001 terhadap Amerika Serikat. Ia telah berceramah dan menulis sejumlah buku tentang Islam dan perbandingan agama juga hal-hal yang ditujukan untuk menghapus keraguan tentang Islam. Sejumlah artikelnya juga sering diterbitkan di majalah India seperti Islamic Voice.

Zakir Naik adalah pendiri dan presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba Islam yang khusus dalam penelitian Islam dan Perbandingan agama yang juga memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace TV dari Mumbai, India.


Beberapa Prestasi dr. Zakir Naik ;
1. Peringkat 82 dalam daftar "100 Orang India Paling berpengaruh yang diterbitkan oleh Indian Express pada tahun 2009 dan peringkat 89 tahun 2010”.

2. Peringkat 3 di "10 Besar Guru Spiritual dari India pada tahun 2009"

3. Peringkat 70 daftar teratas dari "500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia" yang diterbitkan setiap tahun oleh Georgetown University, Amerika Serikat

4. Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud memeberikan penghargaan bergengsi ‘King Faisal International Prize’ – 2015 untuk ‘Layanan Islam’ Dr Zakir Naik pada 1 Maret 2015 di Riyadh. hadiah ini adalah hadiah paling bergengsi di dunia Muslim, mirip dengan Hadiah Nobel. Hadiah terdiri dari sertifikat yang menunjukkan prestasi Dr Zakir ini, 200-gram medali emas 24-karat dan 750.000 riyal Saudi (US $ 200.000). Seluruh hadiah uang disumbangkan oleh Dr Zakir Naik ke Waqf of Peace TV Network.

5. Syekh Dr. Sultan bin Mohammed Al Qasimi, Penguasa Sharjah, memberikan kepada Dr Zakir Naik ‘Sharjah Award untuk Kerja Sukarela’ pada tahun 2013, untuk layanan sukarela kepada Islam pada skala internasional, pada 16 Januari 2014.

6. Dr Yahya Jammeh, Presiden Republik Gambia memberi Dr Zakir Naik lencana penghargaan nasional tertinggi dari Komandan Nasional Republik Gambia di Gambia pada tanggal 15 Oktober 2014. Dia juga menerima Doktor Kehormatan – ‘Doctor of Humane Letters’ (Honoris Causa) – oleh Wakil Rektor Universitas Gambia, sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dan penyebaran pengetahuan dalam mempromosikan penelitian dan pelayanan masyarakat internasional.

7. Shaikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden & Perdana Menteri UAE dan Penguasa Dubai, menganugerahkan ‘Islamic Personality of 2013’ pada ajang penghargaan bergengsi Dubai International Alquran Award pada 29 Juli 2013, untuk melakukan pelayanan luar biasa kepada Islam dan umat Islam pada tingkat global di Media, Pendidikan dan Filantropi. Dia menerima hadiah dari UEA 1 juta Dirham (US $ 272.000) yang ia disumbangkan untuk memulai Wakaf (endowment) dana untuk Peace TV Network. Dr Zakir saat itu berusia 47 tahun merupakan penerima penghargaan termuda.

8. Yang Mulia Tuanku Abdul Halim Mu’adzam Shah, Raja Malaysia, menganugerakan kepada Dr Zakir Naik penghargaan tertinggi dari Malaysia yang ‘Tokoh Ma’al Hijrah Distinguished International Personality Award for the Year 2013’ untuk layanan dan kontribusi yang signifikan pada perkembangan Islam pada tanggal 5 November 2013. Dr Zakir adalah sebuah plakat yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Mohd. Najib Razak.

9.  Syekh  Ahmed Deedat pada bulan Mei Tahun 2000 berupa plakat dengan keterangan “Diberikan kepada Dr Zakir Abdul Karim Naik atas prestasinya di bidang dakwah dan studi Perbandingan Agama.” Syekh Ahmed Deedat sendiri jauh sebelumnya telah memuji Dr Zkir Naik dengan menyebutnya sebagai “Deedat Plus” di tahun 1994. Deedat mengganggap bahwa dakwah yang telah ia lakukan dalam waktu puluhan tahun dapat dikerjakan Naik hanya dalam waktu singkat.

10. Berhasil Mengislamkan Orang non-Muslim pada ceramah-ceramah yang beliau selenggarakan, jumlahnya mungkin sudah ribuan orang yang masuk islam melalui perantara beliau. Dan hebatnya lagi ketika beliau mengadakan safarai dakwah ke berbagai tempat dan Negara semua dari hasil uang pribadi beliau alias beliau tidak mau untuk dibayar.

Sekian Info tentang dr. Zakir Naik, mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajaran dari kisah dan perjuangan beliau. Kuy yang dibekasi ikutan kajiannya mumpung belum kehabisan.
Wassalam

Penulis        : Lazuardi Ardhany
Sumber        : Wikipedia.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
6 November 2017 06.56 delete

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com
semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih call. 082291286336 K.H. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI













































Reply
avatar